Tuesday, June 29, 2010

Mahluk Terlama Hidup Tanpa Air

Mahluk hidup apa yang paling lama bisa bertahan tanpa air? Manusia? 3 - 4 hari tanpa air tubuh manusia akan menjadi mayat kering. Unta? Onta? Whatever lah. Masih jauh. Mereka paling lama bertahan tanpa air selama 15 hari.

Ada satu mahluk hidup yang bahkan hanya membutuhkan sekali saja meminum air untuk keperluan seumur hidupnya. Mahluk yang paling lama bisa bertahan tanpa air adalah....

Tikus kangguru (kangaroo rat). Tikus kangguru bukan kerabat kangguru yang kita kenal berasal dari Australia. Tapi memang benar-benar seekor tikus yang bergerak dan merawat anaknya mirip kangguru. Bahkan beberapa jenis dari tikus ini memiliki kantung di perutnya sama seperti yang di miliki kangguru.

Tikus kangguru ini memiliki sistim metabolisme tubuh yang luar biasa dalam menyimpan air di dalam tubuhnya. Tikus kangguru tidak pernah berkeringat dan tidak pernah terengah-engah walaupun telah melakukan pekerjaan beratnya. Inilah salah satu penyebab mengapa tikus ini dapat bertahan lama tanpa air.



Umur rata-rata tikus kangguru adalah antara 3-4 tahun dan tikus kangguru tertua yang pernah ditemukan berumut 5 tahun. Maka tak heran, beberapa tikus jenis ini hanya pernah merasakan minum sekali saja seumur hidupnya dan menggunakan air dari sekali minum tersebut untuk keperluan seumur hidupnya.

Lalu berapa lamakah tikus kangguru ini bisa bertahan tanpa air? Jawabnya: 3 - 5 tahun.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger templates Redesign by Yans Jedig 2010

Back to TOP