Wednesday, June 9, 2010

Cegukan Terlama Di Dunia

Hiccup (cegukan, cekukan, sedakan, sedu, ketegukan, kecegukan) adalah situasi dimana ketika kontraksi diafragma terjadi secara berulang-ulang dan mengeluarkan suara "Hic" (hiccup). Biasanya terjadi saat kita terlalu bernafsu mengkonsumsi makanan tertentu sehingga terasa seperti nyangkut di kerongkongan. Keadaan tersebut membuat seakan kerongkongan kita menembak-nembak untuk melepaskan sesuatu yang menyangkut tersebut dan kemudian diikuti kepanikan kita mencari air minum untuk mendorong makanan yang menyangkut tersebut.

Cegukan yang di bicarakan disini bukan akibat rangsangan dari luar (makanan) yang masuk kedalam tubuh kita dan menyangkut didalam leher (kerongkongan) tapi cegukan yang datang begitu saja tanpa kita sadari. Hal ini sering terjadi, setidaknya tentunya pernah terjadi pada kita.

Lalu bagaimana jika cegukan tanpa sebab tersebut terjadi pada kita dan terus meneurs tak pernah berhenti selama 69 tahun. Inilah yang dialami Charles Osborne (foto di kiri atas).

Charles Osborne ( 2 April 1894 - 1 Mei 1991) mengalami cekukan secara terus menerus selama 69 tahun (1922-1991). Ia tercatat sebagai penduduk Anthon, Iowa, Amerika dan juga tercatat dalam buku Guiness World Records sebagai manusia dengan serangan cekukan terlama di dunia. Hal ini juga membuatnya menjadi bintang tamu utama di acara Ripley's Believe It or Not! pada tahun 1936 dan juga pada acara ABC's That's Incredible! pada tahun 1980 dan masih banyak lagi.

Osborne mulai cegukan pada tahun 1922 tepat setelah ia selesai menimbang seekor babi besar yang akan dikonsumsi untuk acara keluarga. Entah mengapa, cekukan tersebut kemudian tak pernah berhenti dan tak pernah sembuh.

Charles Osborne ketika menikahi gadis pemenang kontes kecantikan.

Walaupun cekukan itu begitu mengganggu, ia menjalani hidup dengan normal. Ia menikah dengan seorang gadis pemenang kontes kecantikan di kotanya dan memiliki delapan orang anak dan menghabiskan masa tuanya di sebuah pertanian dan peternakan milik keluarganya.

Charles Osborne meninggal akibat penyakit paru-paru di rumah sakit Marian di Iowa pada 1 Mei 1991.

Tercatat diperkirakan ia mengalami cekukan sepanjang 69 tahun tersebut sebanyak 430 juta kali.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger templates Redesign by Yans Jedig 2010

Back to TOP