Thursday, April 23, 2009

Ledakan Terhebat Setelah Big Bang

Ledakan terhebat setelah Big Bang yang diketahui manusia sampai saat ini telah ditemukan. Berdasarkan data dari Chandra Space Telescope, ilmuan mengatakan bahwa ledakan tersebut bahkan masih berlangsung sampai saat itu sejak 100 juta tahun yang lalu. Ledakan tersebut terjadi pada pusat perputaran beberapa buah galaksi (gugus galaksi) dan menyebabkan radiasi sinar Gamma yang juga telah terpancar selama ratusan juta tahun.

Para Astronom tidak begitu yakin akan sumber tenaga yang dapat mengakibatkan ledalak begitu dahsyat. Salah satu teori mengatakan bahwa miliaran tahun yang lalu sebuah galaksi kecil (sekecil-kecilnya galaksai dapat menampung miliaran bintang) yang terdapat dalam kelompok galaksi tersebut secara luarbiasa mendingin dan menyusut tertelan Black Hole. Terbukti dari energi yang masih dipancarkan sampai saat ini menampakkan bahwa Black Hole MS 0735 terus membesar selama ledakan itu berlangsung. Gugus galaksi yang dimaksud adalah gugus galaksi yang termasuk ke dalam gugus galaksi MS 0735 + 7421, dimana black hole yang menyebabkan ledakan tersebut merupakan Black Hole terbesar yang ditemukan manusia sampai saat ini.

Alam semesta ini begitu luas tak terbayangkan. Objek terjauh yang bisa dilihat manusia dengan bantuan telescope termodern saat ini adalah berupa sebuah galaksi yang bernama A1689-zD1 yang berjarak 13.600.000.000 tahun cahaya. Alam semesta ini jauh lebih luas dari hayalan terliar manusia. Masih perlu waktu untuk menemukan ledakan lain yang bahkan jauh lebih besar dari ledakan yang kita bahas diatas. Semoga Tuhan memberikan kita waktu dan kemampuan untuk lebih mendalami Kebesaran-NYA.


0 comments:

Post a Comment

  © Blogger templates Redesign by Yans Jedig 2010

Back to TOP